Laman

Cari Blog Ini

Kamis, 03 Maret 2011

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI I LIMBUR LUBUK MENGKUANG KABUPATEN BUNGO PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM MELALUI MO

Abstrak

Linda Yandriani, S.Pt

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Make – A Match, Motivasi Belajar

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMP Negeri I Limbur Lubuk Mengkuang kelas VIIA, yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2010 dan siklus ke II dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2010, masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Materi yang dipelajari selama penelitian adalah Ekosistem.

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make – a match terhadap motivasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri I Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. Masalah masih rendahnya motivasi belajar siswa kelas VII A SMP Negei I Limbur Lubuk Mengkuang. Pada umumnya siswa kurang antusias, kurang perhatian dan kurangnya partisipasi dalam proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajara kooperatif tipe Make – a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri I Limbur Lubuk Mengkuang.Hal ini terlihat dari data observasi terhadap siswa pada saat penerapan mengalami peningkatan persentase dari aspek antusias 83,3 %, aspek perhatian dari 80 % dan aspek partisipasi dari 83,3% naik pada siklus kedua masing-masing aspek 100%. Hasil evaluasi belajar siswa kelas VIIA paa siklus I pre tes dan pos tes rata-rata 10,0 dan 76,6, pada siklus ke II hasil belajar siswa kelas VIIA pre tes dan pos tes naik masing-masing 31,5 dan 78,8. Salah satu keunggulan teknik ini adalah mencari pasangan sambil belajar mengenai konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar