Laman

Cari Blog Ini

Jumat, 08 Oktober 2010

RAMAH DAN SOPAN SANTUN

Puncak derajat kemanusiaan seseorang dimulai dari kualitas akhlaknya. Bahkan kualitas keimanan pun juga diukur dari akhlak. Akhlak mulia sedemikian berarti sehingga kita tidak bisa mengukur nilai hidup ini kecuali dengan akhlak yang tercermin dari perilaku kita sendiri. Salah satu ciri akhlak mulia adalah terpancarnya keramahan, baik dari sikapnya, tutur katanya yang santun maupun suasana aman dan menyenangkan. Bahkan mereka harus berpisah dan merasa rindu ingin berjumpa kembali dengannya. Keramahan merupakann perpaduan dari amal-amal hati, niat yang halus serta kegigihann untuk selalu bersikap baik.
Keramahan merupakan tahap awal kemuliaan akhlak, ada beberapa alasan yang mendasarinya yaitu :

1.Keramahan adalah tanda kerendahan hati/ ketawadhuan. Orang sombong cenderung untuk bersikap kasar, berhati keras, keangkuhan dalam gerak maupun ucapannya.

2.Keramahan merupakan tanda kesabaran dan kesanggupan mengendalikan diri dalam berinteraksi dengan aneka macam perilaku orang lain. Tahap ramah terhadap orang yang tidak menyenangkan menjadi ciri kualitas kesabaran seseorang oleh karena itu keramahan sudah hal yang paling sulit dilakukan seorang yang tidak sabar, pemarah dan egois.


3.Keramahan yang tulus merupakan indikasi melimpahnya rasa kasih sayang dan kegemaran hati untuk menghormati orang lain. Di sana tumbuh rasa persaudaraan yang menjadi dasar sikap mulia dan kebahagiaan. Keramahan sulit sekali dilakukan orang yang hatinya penuh dengan permusuhan, kebencian, dendam dan kedengkian yang tinggi.


Sumber : Indahnya Ramah
Abdullah Gymnastiar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar