Laman

Cari Blog Ini

Jumat, 17 September 2010

KEISTIMEWAAN SHOLAT TAHAJUD

Mereka menangis kepada Yang Maha Penyayang di malam hari…

Semalaman air matanya mengalir tiada henti..

Bumi rindu untuk memberikan cinta kepada mereka…

Kapan mereka bersujud diatasnya…

Defenisi Sholat Tahajud

Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Disebut Tahajud, karena menurut al-biqa’i bermakna meninggalkan tidur untuk menunaikan sholat.

Sholat Tahajud dalam Al-Qur-an

Sholat Tahajud berkali-kali dikupas didalam al-Qur’an antara lain :
QS. Al-Furqan : 64
“Dan orang yang pada malam hari bersujud dan sembahyang kepada Tuhannya”
QS. Az-Zariyat 17-18
“Adakah mereka itu sedikit tidur pada malam hari. Dan waktu sahur (dini hari) mereka itu meminta ampun (kepada Tuhan)”
QS. As-Sajadah 16
“ Rusuk (lambung) mereka jauh dari tempat berbarig (kurang tidur malam hari) sedang mereka memohon kepada Tuhannya dengan ketakutan dan harapan dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepadanya.”
QS. Az-Zumar : 9
“Adakah orang taat (patuh mengikuti Allah) pada waktu malam seraya sujud dan berdiri, lagi takut akan (siksa) akhirat, serta mengharapkan rahmat Tuhannya (sama dengan orang durhaka)? …….”
QS. Al-Muzammil : 1-2
“Hai orang yang beselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk sembahyang) dimalam hari kecuali sedikit (daripadanya)
QS. Al-Isra’ : 79
“Pada malam hari, hendaklah engkau bertahajud (berjaga untuk sembahyang malam) sebagai tambahan untuk engkau, mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.”
Banyaknya sholat Tahajud yang dikupas dalam ayat suci Al-Quran tidak diragukan lagi kualitasnya bagi diri kita, baik secara fisik maupun non fisik. Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Sayidina Umar Ibnu Khottahob rda. Soal fadilah sholat Tahajud yang sangat besar sekali manfaatnya.

Keistimewaan Sholat Tahajud

1.Allah memberikan Sembilan Macam Kemuliaan
Hadist riwayat dari sayidina Umar Ibnu Khottahob dari Nabi saw, beliau bersabda, barang siapa sholat diwaktu malam (tahajud) serta membaguskan sholatnya, Allah akan memberikan dia kemuliaan Sembilan macam. Lima macam di dunia dan empat macam di akhirat.
Yang lima macam didunia ialah Allah akan pelihara dia dari segala macam bahaya, ditampakkan tanda-tanda sebagai orang yang taat pada mukanya. Ia akan dicintai dihati orang-orang mukmim dan segenap hati manusia umumnya dan pembicararaannya berisi hikmat, dijadikan dia orang bijaksana yakni dikaruniai fikiran yang cerdas.
Yang empat macam di akhirat nanti ialah dibangkitkan dia dari kubur wajahnya putih bercahaya, akan dimudahkan dia waktu dihisap, ia akan melintas diatas shirot seperti kilat dan diberikan buku amalannya ditangan kanannya dihari kiamat.

2.Menyehatkan mata
Menurut Yazid bin Abban Ar-Raqasi, sholat Tahajud itu dapat menyehatkan mata. “Kosentrasi untuk Tahajud menyejukkan mata ahli ibadah sementara kosentrasi puasa menyenangkan hati mereka ketika betemu Allah.

3.Obat Penyakit hati
Sholat Tahajud (malam) merupakan salah satu obat penyakit hati. Ada lima perkara obat penyakit hati yaitu : membaca Al-Qur-an dan merenungi maknanya, mengosongkan perut/puasa, sholat malam, Zikirullah dan bergaul dengan orang-orang sholeh

4.Mengatasi Penyakit Kanker, Tumor, Miom
Dr.Muhammad Sholeh , Peneliti sholat Tahajud tahun 2001, saat membuka klinik di Masjid Al-Akbar Surabaya dan di Kediri, Dr. Sholeh menemukan misteri di balik kedasyatan sholat Tahajud. Pasien-pasien yang mengindap penyakit kanker, kista, tumor, kanker payudara, miom, bisa teratasi kalau mau melakukan sholat Tahajud dan senam Tauhid.

5.Hati Bahagia
Menurut Atha’ al-Kharasani mengemukakan sholat tahajud menjadikan dada dan hati kita menjadi lebih lapang dan bahagia. “sesungguhnya ketika seseorang bangun malam lalu melakukan sholat Tahajud, maka pagi harinya ia akan menjadi orang yang senang.

6.Terkabulnya Do’a
Dalam hadist qudsi, Allah pernah berfirman, “Setiap 2/3 malam turun ke langit pertama untuk menyerukan siapa yang ruku’ sujud bertahajud, maka doanya akan Kukabulkan, permintaannya akan Kuberi, dosanya akan Kuampuni.” Kemudian ditambah dengan hadist Thabarani, “orang yang sholat Tahajud termasuk disamping kebiasaan orang-orang sholeh, Tahajud itu juga bisa dipergunakan untuk penyembuhan penyakit fisik maupun psikis.

7.Meningkatkan Imunitas Dalam Tubuh
Dr. Muhamad Sholeh peneliti sholat Tahajud tahun 2000,ia meniliti sekitar 51 anak SMU kelas I untuk dilihat segi kesehatannya. Umur berkisar 16 – 20 tahun, jenis kelaminnya sama-sama laki-laki, sama-sama tidak pernah melakukan sholat Tahajud dan tak mengikuti tarekat. Anak-anak SMU disuruh melakukan sholat Tahajud selama 2 bulan. Sebelumnya diambil sampel darahnya, dan setelah dua bulan diambil darahnya lagi. Kemudian dianalisis di Laboratorium, dan ternyata imunitas dalam tubuh itu berubah lebih baik. Maka dapat disimpulkan sholat Tahajud itu bagus untuk menyembuhkan, baik secara peventif maupun kuratif, sakit infeksi maupun kanker.
Tahajud bisa mengurangi jumlah hormon kortisol (hormon stress) yang meningkat menjadi Iuminitataif atau seimbang sehingga mengurangi tingkat stress seseorang. Jadi, system iminitasnya menjadi baik. Orang stress yang diketahui rentan dengan penyakit terutama kanker. Sebaliknya dengan tingkat stress yang rendah, berarti seseorang itu memiliki imun yang kuat sehingga tubuhnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa sholat Tahajud itu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Intinya adalah pasrah total kepada Allah dan rutin bertahajud, dengan demikian penyakit sembuh dengan sendirinya.

Sumber : 1. Al-Quran.
2. Sholat Tahajud. Oleh Ust. Musannif Efendi
3. Hidayah Edisi 69

Tidak ada komentar:

Posting Komentar